CARA MEMENANGKAN PERSAINGAN HARGA

CARA MEMENANGKAN PERSAINGAN HARGA Sabtu, 01 Desember 2018

CARA MEMENANGKAN PERSAINGAN HARGA 


Untuk Anda yang masih baru di bisnis online sering kali takut kalau ingin mengambil keuntungan yang cukup. Karena berpikir harga produknya akan menjadi terlalu mahal dan sulit bersaing dengan kompetitor. 


Sehingga hanya mengambil margin yang sangat tipis. Akibat keuntungan yang sedikit mengakibatkan operasional usaha menjadi susah bergerak. Bisnis online menjadi susah berkembang. 


Kalau hal ini terjadi terus menerus bisa jadi bisnis onlinenya malah menjadi mati. Sementara kompetitor yang berani mengambil keuntungan yang cukup terus berkembang. Jadi bagaimana cara memenangkan persaingan harga agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup


TIDAK SEMUA ORANG SUKA HARGA MURAH.


Yang harus disadari adalah tidak setiap orang suka dengan harga produk yang murah. Karena justru produk yang murah dianggap tidak berkualitas atau bisa juga dianggap palsu. 


Ini pengalaman saya waktu berjualan produk perawatan kecantikan dan memasang harga yang menurut saya sudah cukup tinggi. Karena saya mengambil produk langsung dari pabriknya. 


Ternyata beberapa calon pembeli malah curiga karena produk saya  menganggap dijual terlalu murah, karena beberapa kompetitor menjualnya dua sampai tiga kali harga yang saya tetapkan. Dan akhirnya mereka malah batal membeli, walaupun sudah saya terangkan kalau produk tersebut langsung diambil dari pabriknya.


Satu hal yang perlu disadari adalah pembeli biasanya tidak tahu berapa harga dasar produk Anda. Karena yang ingin dibeli adalah manfaat produk dan pelayanan Anda. Jadi jangan ragu-ragu untuk mengambil keuntungan yang tinggi asal diimbangi nilai tambah yang layak, seperti garansi dan pelayanan



BERI GARANSI


Kalau kita membeli barang yang bermerek tentu akan ada jaminan garansi. 


Walaupun harga barang tersebut hanya 20 ribuan. Bahkan biaya transpor untuk menukarkan produk ke penjual pun bisa jadi lebih mahal. Yang ingin diberikan produsen tersebut sebenarnya adalah RASA AMAN. 


Sehingga siapapun pembelinya akan merasa aman bahwa kualitas barang tersebut memang bagus, sehingga produsen berani memberikan garansi. Padahal seandainya terjadi kerusakan selama dalam masa garansi bisa jadi tidak akan ditukar atau dikembalikan. Tapi paling tidak saat dia membeli sudah didapat rasa aman.


Anda bisa meterapkan hal ini di bisnis online. Berikan garansi yang wajar, misalkan jika terjadi kerusakan dalam pengiriman akan diganti barang atau uang. Atau garansi uang kembali utuh jika terbukti barang tersebut palsu. Sedangkan untuk produk jasa bisa diberikan jasa perawatan selama sekian waktu. 


Dengan memberikan garansi ini terbukti salah satu cara memenangkan persaingan harga yang manjur, agar calon pembeli berubah menjadi pembeli


Salah satu faktor terjadinya pembelian adalah besarnya tingkat kepercayaan pembeli kepada penjual. 


Semakin tinggi nilai kepercayaan itu, maka akan makin tinggi untuk terjadinya transaksi. Marketplace atau online shop besar yang saat ini punya reputasi tinggi, pada saat awal berani mengeluarkan anggaran yang besar agar dikenal orang. 


Dan mereka konsisten menjaga reputasi untuk terus dipercaya publik. Sehingga nilai transaksi mereka juga terus naik.Bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas untuk beriklan, bisa membangun reputasi melalui pemanfaatan beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dll serta website. 


Unggahlah status-status atau konten yang bermanfaat, seperti tips dan trik sehari-hari yang bisa diaplikasikan. Mengomentari suatu kejadian dengan bijak. Memberikan saran-saran dan ilmu-ilmu yang mudah diaplikasikan. 


Sehingga tingkat kepercayaan teman dan follower serta pembaca tulisan Anda makin meningkat. Strategi ini sudah diterapkan dan berhasil baik oleh beberapa orang seperti Dewa Eka Prayoga, Rico Huang, Saptuari dan banyak pebisnis online lain yang saat ini banyak dikenal orang. Dan cara memenangkan persaingan harga seperti ini terbukti membuat produk mereka laris, walaupun harganya lumayan tinggi



PELAYANAN YANG MENGESANKAN


Pelayanan yang mengesankan tidak berarti harus berlebih-lebihan. KDany:

arena efeknya malah akan menjadi bumerang. Sewajarnya saja tapi dilakukan dengan tulus. Layani pelanggan seperti melayani keluarga yang Anda cintai. 


Betapa pun ini juga bisnis yang ada hitungan laba ruginya. Karena kalau pelayanan berlebihan dan menyebabkan keluarnya biaya yang terlalu besar, sehingga berakibat merugikan perusahaan juga harus dihindari. Dan pelayanan yang baik tidak selalu mahal. 


Dengan sapaan yang akrab, komunikasi yang hangat dan bersedia mendengarkan keluhan dan saran pelanggan itu sudah luar biasa. Dan biayanya nyaris tidak ada.


Penguasaan produk yang baik dan bersedia memberikan penjelasan akan manfaat yang maksimal dari produk tanpa diminta pelanggan, itu juga merupakan pelayanan yang sangat baik.


Dan yang harus selalu diperhatikan adalah konsistensi untuk selalu menjaga kualitas agar reputasi Anda terus tinggi.




Demikian share kali ini, Semoga bisa menjadi ilmu yang manfaat.


Salam Hormat

Team @koneksupplier

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar



Kode Verifikasi: