Tips dan Trik Membuat Foto Produk Yang Menarik

Tips dan Trik Membuat Foto Produk Yang Menarik Kamis, 24 Maret 2016

Ada banyak hal yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja, mulai dari harga yang bersaing, kualitas produk sampai kata-kata yang memikat. Nah dalam kesempatan kali ini KonekSUPPLIER akan berbagi tips membuat foto produk yang akan membuat toko online agan semakin menarik dan pastinya gampang untuk dipraktikkan. Apa saja? Yuk langsung simak beberapa poin berikut ini:


1. Pencahayaan dan Kamera

Foto produk dari smartphone, kenapa enggak? Agan cuma perlu mengetahui fitur yang ada di smartphone Agan, setelah itu carilah ruang terbuka yang cukup pencahayaan alami dari sinar matahari. Karena pencahayaanlah faktor utama bagus tidaknya sebuah foto produk.

nb: jangan pernah memoto produk di ruang yang kurang cahaya walaupun menggunakan flash dari smartphone, karena akan menghasilkan foto produk yang terkesan tidak berkualitas.

 

2. Studio dan Latar Foto

Buat studio foto mahal? Eits tunggu dulu. Agan cuma butuh tembok atau latar dengan warna netral. Terlalu banyak aksesoris foto hanya akan mengganggu fokus calon pembeli terhadap produk yang akan dijual. 

Untuk produk berukuran kecil Agan bahkan bisa membuat studio kecil dari bahan yang mudah didapat.

 

3. Foto dari Berbagai Sudut

Agar pembeli lebih jelas dengan produk yang Agan jual, cobalah ambil foto produk dari beberapa sisi yang berbeda. Ambillah foto produk dari depan, belakang ataupun sudut-sudut yang membutuhkan detail yang lengkap.

 

4. Pakai Model, perlukah?

Bagi produk seperti handphone, makanan ataupun aksesoris tentu tidak memerlukan model karena barang-barang tersebut sudah tampak menarik. Namun lain halnya dengan produk fashion, karena produk-produk tersebut akan lebih menarik apabila menggunakan model. Manfaatkan saja anak/istri/suami/saudara untuk menjadi model fashion agan.

 

5. Edit Foto? Boleh, asal...

Edit foto tentunya boleh saja karena dalam bisnis online, fotolah yang menjadi salah satu aspek penting. Tapi ingat, edit seperlunya saja, seperti menaikkan kontrak, memperbaiki pencahayaan atau memberikan fokus. Ingat, foto produk yang tidak sama dengan barang aslinya tentu akan mengecewakan pembeli agan.

 

6. Pakai Watermark

Tentunya Agan tidak mau kan kalau foto yang sudah dibuat dengan susah payah lalu digunakan seller lain yang jualannya sama? Nah di sinilah fungsi watermark, yaitu mencegah penjual lain "mencuri" foto kita. Tempatkan tepat di objek foto kita agar watermark tidak mudah dihapus. Tapi jangan sampai watermark yang kita buat menghalangi detail objek dengan membuatnya samar-samar saja.

NB: sekarang sudah banyak aplikasi watermark yang bertebaran di android, jadi agan tidak perlu susah mengedit watermark di laptop atau PC, cukup dari smartphone agan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar



Kode Verifikasi: